Daerah Tambang Emas Besar di Indonesia

Mengingat negara Indonesia mempunyai daerah penghasil tambang yang sangat banyak, maka tidak heran jika negara kita ini memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Selain terkenal dengan SDA yang melimpah, Indonesia juga bisa dikatakan sukses dalam mengambangkan hasil bumi di bidang pertambangan, salah satunya adalah industri penambangan emas.

Bukan hanya di Papua yang kaya dengan kandungan emasnya, ada banyak daerah di Indonesia yang juga kaya akan kandungan Emasnya. Nah berikut ini adalah beberapa daerah di Indonesia yang memiliki tambang emas.

Daerah Tambang Emas Besar di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa daerah tambang emas besar yang ada di Indonesia yang kami kutip dari https://ilmutambang.com/, antara lain:

1. Tambang Emas Batu Hijau

Tambang yang stu ini terletak di pulau Sumbawa, NTB dan saat ini dikelola oleh PT. Amman Mineral Nusa Tenggara. Dalam satu tahun, tambang ini bisa memproduksi 100 kilo OZ emas dan 197 juta pound tembaga.

Sejak awal tambang ini didirikan, sudah memproduksi 2,77 juta ons atau sekitar 79 ton emas. Jumlah yang cukup fantastis.

2. Tambang Emas Mertabe

Tambang emas yang satu ini terletak di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Tambang ini juga memproduksi perak dan tembaga. Pada akhir tahun 2017,tambang emas ini sudah memproduksi 8,8 juta ons emas dan72 juta ons perak.

Areal ini juga mempunyai bijih emas yang terus meningkat, yaitu dari 3,2 juta ons menjadi 4,7 juta ons emas di tahun yang sama. Perusahaan ini adalah perusahaan pertambangan Indonesia yang mempunyai kebijakan mendukung usaha lokal, sehingga dalam pembelian barang dan jasa lebih memilih kontraktor atau pemasok dari dalam negeri.

3. Tambang Emas Pongkor

Tambang emas yang ketiga adalah tambang emas Pongkor, tambang emas ini terletak di daerah Pongkor, Jawa Barat. Menurut beberapa sumber, tambang ini mempunyai kandungan emas yang cukup tinggi, namun sayangnya eksplorasi masih terhalang dengan penambang liar.

Meskipun demikian, Tambang Pongkor masih aktif dan akan terus beroperasi sampai saat ini dengan produksi emas yang konsisten setiap tahunnya.

4. Tambang Emas Tujuh Bukit

Tambang emas yang satu ini biasa juga disebut dengan nama Tumpang Pitu, tambang ini merupakan tambang emas yang berlokasi di Banyuwangi Jawa Timur. Tambang Emas Tujuh Bukit dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (BSI), Di lokasi ini diperkirakan ada 28 juta ons emas atau setara dengan 80 ton emas.

5. Tambang Emas Kencana

Tambang emas yang terakhir adalah Tambang Emas Kencana, tambang emas ini terletak di Maluku Utara. Aktivitas di tambang ini bisa dibilang sangat berbahaya dibandingkan dengan tambang emas yang lain, hal tersebut dikarenakan letak tamabng berada jauh di perut bumi.

Sejak awal dibuka, tambang emas ini sudah mempproduksi 4,63 juta ons atau sekitar 13 ton emas.

Nah itulah 5 tambang emas besar yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih banyak tambang emas yang ada di Indonesia tapi kali ini kami hanya mengulas 5 saja.